Cari: 
Warta DPRD: Rekrut T3D Dinilai Jauh Dari Selektif
 Sekilas Sejarah
 Warta DPRD
 F r a k s i
 Profil Anggota
 Pimpinan DPRD
 Komisi-Komisi
 Badan Musyawarah
 Badan Anggaran
 Badan Kehormatan
 Badan Legislasi
 Jadwal Kegiatan
 Galeri Foto
 Pojok Catatan
 Peraturan Daerah
 Badan Kehormatan
 Sekretariat Dewan
 Pengumuman Lelang
 Kumpulan Link
 Kontak Kami
 Isi Buku Tamu
 
 
 
 
Rekrut T3D Dinilai Jauh Dari Selektif
dprdkutaikartanegara.go.id - 28/04/2008 12:07 WITA


Mau jadi apa Kukar Kedepan?
Photo: dian
MEMBELUDAKNYA jumlah Tenaga Tidak Tetap Daerah (T3D) yang kini diperkirakan telah mencapai sekitar 15.000 tenaga honor di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendapat sorotan anggota DPRD Kukar. Saiful Aduar, SPd, anggota dewan dari Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) ini dengan tegas menyayangkan sikap Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten Kukar yang dengan mudah terus menerima T3D di daerah ini.

Ini sebenarnya sudah terlalu banyak jumlah T3D yang ada. Apa BKD akan terus melakukan perekrutan T3D. Kalau begini mau jadi apa Kukar ke depan dengan jumlah T3D yang terus membeludak? Dan semua masyarakatnya maunya jadi T3D? ujar Saiful dalam kesempatannya di Kantor DPRD Kukar, belum lama ini.

Anggota dewan yang dikenal sangat peduli dengan dunia pendidikan dan kritis menyikapi jumlah T3D di Kukar, ini, juga menyoroti praktik perekrutan T3D yang dinilai jauh dari keselektifan. Dan ini lebih tegas seringkali diungkapkan sendiri oleh masyarakat yang menilai perekrutan T3D tidak menunjukan mekanisme yang jelas dan kebutuhan daerah.

Seperti yang banyak diberitakan, perekrutan T3D di daerah ini dilakukan dengan dasar kebutuhan daerah. Hal inilah yang kemudian kian menambah jumlah tenaga honor di Kabupaten Kukar, terutama di Kota Tenggarong.

Selain Saiful, anggota dewan lainnya yang juga kerapkali mengkritisi kian besarnya jumlah pegawai daerah tidak tetap itu adalah Suriadi, S.Hut. Anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini bahkan mengingatkan kepada pegawai T3D yang ada agar dapat menjalankan tugas dan pekerjaannya dengan disiplin.

Diungkapkannya, masih banyaknya sejumlah pegawai honor yang malas bekerja dan kurang disiplin dikarenakan jumlah pegawainya yang melebihi kebutuhan.

Banyak tenaga kerja honor yang tidak sesuai dengan fungsi dan tugasnya itulah yang tentu saja sangat berpengaruh terhadap profesionalitas kerja. Apalagi dengan jumlahnya yang tidak wajar, ujar Suriadi kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Selain itu, sorotan terhadap jumlah T3D yang terlalu banyak di daerah ini juga dilontarkan masyarakat. Husni (28), warga Tenggarong, berkomentar, harusnya pemerintah daerah dapat lebih selektif melakukan peneriman pegawai honor daerah.

Menurutnya, dari sekian jumlah pegawai T3D, tidak sedikit pula diantaranya tidak berkualitas dan tidak memiliki skill dalam bekerja. Persoalan ini yang seharusnya juga menjadi pertimbangan pemerintah daerah ketika akan merekrut atau membutuhkan pegawai honor di daerah ini. Bukan karena persoalan daerah ini dianggap mampu membiayai sekian banyak tenaga honor atau kepentingan pribadi pejabat, tandas Husni, yang berprofesi sebagai seorang wiraswasta.

Apapun langkah pemerintah daerah ini dalam melakukan penerimaan T3D tetap ada baiknya. Meskipun jumlahnya saat ini dikatakan tidak wajar. Karena terlalu banyak dan dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan daerah.

Untuk mengatasi jumlah T3D yang jumlahnya tidak wajar tersebut, Saiful Aduar menyarankan pemerintah daerah agar mengatasinya dengan menempatkan sebagian T3D ke wilayah kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Kukar. Ini sekaligus mendorong percepatan pembangunan wilayah-wilayah pedalaman yang ada di daerah ini. (gu2n)

 

 

H.Salehudin Ketua DPRD Kutai Kartanegara menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden-Wakil Presiden  (Pilpres) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9  RT 06, Kelurahan Timbau, Tenggarong
H.Salehudin Ketua DPRD Kutai Kartanegara menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 RT 06, Kelurahan Timbau, Tenggarong
Foto: dprdkutaikartanegara.go.id/murdian   
 
 ADKASI.or.id 
 DPR.go.id 
 Indonesia.go.id 
 Kaltim.go.id 
 Kota Balikpapan 
 Kota Samarinda 
 KPU.go.id 
 MPR.go.id 
 Bappeda Kukar 
 KPU Kutai Kartanegara 
 KutaiKartanegara.com 
 KutaiKartanegara.go.id 
 Lensa Kukar 
 Astaga.com 
 Berita Antara 
 Detik.com 
 Google Indonesia 
 Yahoo Indonesia 
 

 

 
Copyright © 2004-2010 Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara