DPRD Kutai Kartanegara
Warta DPRD: Komisi I Pelajari Pelayanan Disdukcapil Balikpapan

Komisi I Pelajari Pelayanan Disdukcapil Balikpapan


Komisi I Pelajari Pelayanan Disdukcapil Balikpapan (Foto: Agus)
Komisi I DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Balikpapan pada Selasa (23/6) lalu.

Kunjungan itu bertujuan untuk belajar lebih mendalam bagaimana pelayanan yang diberikan Disdukcapil Balikpapan kepada warga terkait dengan data kependudukan sehingga Pemkot Balikpapan mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat.



Supriyadi didampingi Supriyadi saat ke Disdukcapil Balikpapan (Foto: Agus)
Rombongan komisi I dipimpin oleh wakil ketua DPRD Sudirman didampingi Supriyadi, dan diterima oleh kepala dinas Disdukcapil Drs. Chairil Anwar dan jajarannya, di ruang pertemuan Disdukcapil.

"Publik service-nya cukup bagus dan bahkan mendapatkan penghargaan dari kementrian, predikat terbaik di Indonesia. Kami berharap Disdukcapil Kukar banyak referensi, banyak perbaikan terutama pelayanan kepada masyarakat," kata Sekretaris Komisi I Supriyadi.

Menurut Supri, ini suatu bagian penting dalam public service. Supaya Disdukcapil Kukar nantinya berbeda dan bisa belajar langsung ke Balikpapan.



Usai pertemuan Supriyadi menyerahkan cinderamata kepada Crairil Anwar (Foto: Agus)
"Yang kedua tentu banyak referensi yang kami terima kemarin, yaitu model IT nya cukup luar biasa maju. Jadi pada saat program-program masuk kemudian terutama apa yang diinginkan masyarakat baik data kelahiran kah kematian kah, KTP kah itu sudah tersistem secara baik," ucapnya.

Supri mengungkapkan ada perbedaan yang sangat mencolik dari segi pelayanan aparatur Disdukcapil di Kukar dan di Pemkot Balikpapan. Terutama dalam pelayanan menerima warga yang berkunjung ke kantor Disdukcapil.

"Kalau di sana itu masyarakat yang berkunjung itu di sambut dengan senyum. Artinya apa, dengan senyuman itu menunjukkan bahwa pelayanan publiknya luar biasa. Jadi warga yang datang tidak perlu bertanya, tapi sudah ada pengarahan dan ini memberikan kemudahan kepada warga sehingga warga tidak bingung," ungkapnya.

(Pwt)